SELAMAT DATANG DI POKER757 AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA SE-INDONESIA! Alasan Kenapa Penggaris Hanya Dibuat 30 Cm - Zona Keepo

Sabtu, 28 Maret 2020

Alasan Kenapa Penggaris Hanya Dibuat 30 Cm

Alasan Kenapa Penggaris Hanya Dibuat 30 Cm




ZonaKeepo - Jika anda pernah lihat penggaris yang digunakan di sekolah fundamen serta menengah, kemungkinan penggaris itu panjangnya 30 cm. Tigapuluh cm itu kurang lebih sama juga dengan 12 inci atau 1 kaki (foot, ini unit panjang ala Kerajaan Inggris).

Dalam bagian computer serta elektronika, panjang 30 cm mempunyai arti penting. Arti penting yang perlu serta jadi pegangan dalam membuat serta membuat serangkaian mikroelektronika serta serangkaian terintegrasi (integrated sirkuit, IC).

Tigapuluh cm kurang lebih ialah jarak yang dilakukan oleh gelombang elektromagnetik dalam tempo satu per milyar detik. Perioda satu per milyar detik berkorespondensi dengan frekwensi 1 milyar daur (cycle) per detik (giga hertz, GHz), bertambah kurang pada orde/rasio yang sama juga dengan kecepatan computer sekarang.

Unsur 30 cm jadi penting dalam membuat satu serangkaian elektronika yang bekerja pada frekwensi GHz. Dalam serangkaian elektronika rasio GHz, daur arus listrik dalam serangkaian akan membuahkan gelombang elektromagnetik yang mempunyai panjang pada seputar rasio cm. Bila serangkaian elektronika itu memiliki ukuran pada rasio cm, karena itu insinyur yang membuat serangkaian itu harus memperhitungkan unsur waktu yang dibutuhkan untuk perambatan gelombang elektromagnetik dalam serangkaian.

Masalah sama, yaitu mempertimbangkan unsur waktu yang dibutuhkan untuk perambatan gelombang elektromagnetik, ada dalam banyak tehnologi setiap hari : radar, telekomunikasi mobile serta satelit, jaringan serat optik (optical fiber), global positioning sistem, perpetaan, geodesi, serta banyak.

Dalam fisika partikel uji coba, masalah ini ada saat fisikawan harus memperhitungkan waktu pintas signal dalam serat optik dari detektor yang terdapat 100 mtr. di bawah tanah ke computer yang membaca serta simpan data di permukaan tanah. Untuk contoh, akselerator LHC bekerja dengan frekwensi 40 MHz atau periode 25 per milyar detik. Tiap 25 per milyar detik, berlangsung beberapa tumbukan/hubungan di detektor. Dengan memakai ketentuan 30 cm, kita ketahui jika sepanjang 25 per milyar detik, sinar akan tempuh jarak 7. 5 mtr.. Walau sebenarnya jarak dari bawah tanah ke permukaan tanah ialah 100 mtr. lebih! Sebelum signal dari detektor sampai permukaan tanah serta direkam dalam computer, detektor telah terima data kembali!

Walau sebenarnya detektor di bawah tanah biasanya membutuhkan konfirmasi (handshake) dengan computer yang terdapat di permukaan : apa signal/info yang diantar telah tiba atau belum. Dengan alasan itu, karena itu detektor di bawah tanah direncanakan untuk simpan sesaat data-data tumbukan/hubungan partikel dalam satu area untuk menyimpan sesaat (buffer memory). Hingga jika sebab satu karena kiriman info dari bawah tanah ke permukaan terusik, detektor di bawah tanah akan terima info dari computer di permukaan jika info yang dikirim belum diterima, serta dapat diantar kembali.

Kok bicara fisika partikel uji coba kedengarannya seperti tehnik elektro atau instrumentasi! Ini semua sebab keperluan : untuk membuat alat uji coba fisika partikel dibutuhkan kerjsama di antara fisikawan dengan insinyur : baik insinyur tehnik tenaga listrik, tehnik elektronika, tehnik mesin, tehnik pendinginan, tehnik computer, tehnik sipil, dan lain-lain. Tanpa ada kerja sama itu, tidak kemungkinan alat serta sarana uji coba fisika partikel dapat dibuat.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar